A A A

Zat Penyebab Kanker pada Produk Mandi Bayi

Banyak produk-produk mandi yang diperuntukkan bagi bayi dan anak-anak yang dideteksi mengandung senyawa kimia yang dikaitkan dengan kanker dan alergi.

The Campaign for Safe Cosmetics mengatakan bahwa sebanyak 23 dari 28 produk yang diperiksa mengandung formaldehid, yang dianggap menyebabkan kanker oleh Environmental Protection Agency (EPA).

Selain itu, sebanyak 32 dari 48 produk mengandung senyawa 1,4-dioksan yang juga dianggap sebagai senyawa karsinogen (penyebab kanker)  oleh EPA.

Menanggapi hasil penelitian ini, Johnson & Johnson, melalui juru bicaranya menyatakan bahwa produk mereka aman untuk dipakai karena sudah sesuai dengan peraturan yang ada.

Tanggapan lain juga datang dari Personal Care Products Council, yang menyatakan bahwa perusahaan-perusahaan kosmetik dan perawatan pribadi berkomitmen pada keamanan produk dan bersungguh-sungguh menjaga kepercayaan konsumen. Lembaga ini juga menghimbau agar para orang tua diberi informasi yang lengkap dan akurat dari segi ilmiah daripada laporan-laporan bersifat peringatan dan tidak lengkap.