A A A

Tiga Orang Meninggal Akibat Obat Beracun di Cina

Dua bets sediaan injeksi ginseng Siberia ditarik dari peredaran, kata seorang sumber di kantor berita Cina, Xinhua. Hal ini menyusul sakitnya 6 orang pemakai produk di provinsi Yunnan, 3 orang diantaranya kemudian dilaporkan meninggal.

Seorang pejabat di provinsi Heilongjiang, tempat dimana obat tersebut diproduksi, menyatakan bahwa semua bets yang tercemar sudah diidentifikasi dan dalam proses penarikan. "Kami mulai menarik produk tersebut pada Selasa lalu, dan sekarang prosesnya masih berlangsung", kata Kepala Pengembangan Ekonomi Heilongjiang, Guo Laibin kepada Xinhua. Perusahaan pembuat obat, Wandashan Pharmaceutical, sekarang sedang diperiksa oleh pihak berwajib terkait kasus ini.

Ginseng Siberia dipakai untuk mengobati penyakit pada hati, ginjal, dan jantung. Tanaman ini lazim digunakan pada pengobatan herbal Cina.

Cina masih menjadi sorotan dunia akibat skandal susu formula bermelamin yang mengakibatkan sedikitnya 4 bayi meninggal dan ribuan lainnya dirawat di rumah sakit. Hal ini menyebabkan kekhawatiran akan kualitas produk asal Cina yang beredar di pasaran.