A A A

Tidur Cukup, Jantung Sehat

Tidur yang berkualitas dan cukup di malam hari ternyata berkaitan erat dengan kesehatan jantung. Menurut sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di The Journal of the American Medical Association, penambahan waktu satu jam untuk tidur mampu mengendalikan pengapuran arteri koroner yang merupakan faktor penting dalam penyakit jantung.

Akan tetapi, hendaknya hasil penelitian ini tidak ditafsirkan sebagai hubungan sebab-akibat, karena beberapa faktor lainnya mungkin turut berperan serta dalam peristiwa pengapuran arteri ini. Hal ini dijelaskan oleh Diane Lauderdale dari Universitas Chicago, yang juga termasuk dalam salah satu ilmuwan yang melakukan penelitian ini.

Sebanyak 495 orang, pria dan wanita, berumur antara 35-47 tahun menjadi peserta penelitian ini. Para peneliti mengevaluasi waktu tidur mereka selama 5 tahun dengan bantuan alat monitor elektronik dan juga memeriksa arteri mereka menggunakan CT scan.

Diketahui bahwa rata-rata para peserta penelitian tidur selama 6,1 jam per hari, dan ditemukan pula bahwa peserta penelitian yang waktu tidurnya sekitar satu jam di atas rata-rata tersebut mampu menurunkan risiko terkena pengapuran arteri koroner sebanyak sepertiga kalinya.