A A A

Obat Diabetes Meningkatkan Risiko Retak Tulang

Penggunaan jangka panjang obat diabetes yang mengandung zat aktif rosiglitazone dan pioglitazone dapat meningkatkan risiko terjadinya retak tulang pada wanita yang menderita diabetes tipe 2.

Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh Sonal Singh dan rekan-rekannya dari Wake Forest University School of Medicine di North Carolina bekerjasama dengan para peneliti dari University of East Anglia di Inggris.

Penelitian yang melibatkan 14.000 pasien ini menyimpulkan bahwa jika pasien diabetes wanita yang berumur 70 tahunan mengkonsumsi obat-obat tersebut, maka akan terjadi retak tulang pada satu pasien setiap 21 pasien. Sedangkan pada pasien yang berumur lebih muda, yakni 56 tahun, penggunaan rosiglitazone dan pioglitazone dapat menyebabkan terjadinya retak tulang pada satu dari 55 pasien.

Singh dan rekan-rekannya belum dapat menjelaskan secara pasti mengapa kedua obat golongan tiazolidinedion (TZD) ini menyebabkan retak tulang pada wanita saja, namun mereka menyatakan bahwa obat-obat ini mengganti sumsum tulang dengan sel-sel lema