A A A

Obat Baru Penangkal Kanker Prostat

Obat kanker prostat baru, yakni MDV3100, yang memiliki cara kerja berbeda dari obat sebelumnya, telah menunjukkan hasil memuaskan pada tahap awal pengujian, dan siap untuk menjalani uji dengan skala yang lebih besar.

Penanganan kanker prostat selama ini adalah dengan cara menghambat aktivitas hormon testosteron yang membantu pertumbuhan tumor (anti androgen). Obat baru ini bekerja dengan cara yang lain, yakni dengan cara menghalangi reseptor hormon testosteron pada sel tumor.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Charles L. Sawyers ini dipublikasikan dalam edisi online jurnal Science, menjelaskan hasil yang dicapai oleh 30 pria penderita kanker prostat lanjut yang tidak sembuh dengan obat anti androgen. Namun setelah diberi MDV3100, terjadi penurunan stabil terhadap antigen spesifik kanker prostat dalam darah pada 13 orang (43%) dari 30 pria tersebut.

Sawyers mengatakan bahwa tumor yang resisten terhadap anti androgen memiliki jumlah reseptor androgen lebih banyak. MDV3100 mampu menghalangi reseptor androgen tersebut. Sawyers menambahkan bahwa MDV3100 diharapkan segera memperoleh persetujuan FDA sebagai obat bagi pria yang kanker prostatnya sudah resisten terhadap obat anti androgen, dia juga berharap bahwa obat ini dapat digunakan sebagai first-line therapy bagi penanganan kanker prostat.