A A A

Obat Antiepilepsi Meningkatkan Risiko Autisme

Wanita hamil yang mengkonsumsi valproat, yakni obat yang digunakan untuk mengobati epilepsi, dapat meningkatkan risiko autisme pada bayinya. Fakta menarik ini diterbitkan oleh jurnal Neurology baru-baru ini.

Penelitian ini melibatkan 632 anak-anak, separuhnya memiliki ibu penderita epilepsi. Sebanyak 64 anak pernah terpapar valproat semasa masih di kandungan, 44 anak terpapar lamotrigine, 76 anak terpapar carbamazepine, dan 65 anak lainnya terpapar obat antiepilepsi lain atau gabungan obat antiepilepsi. Sebanyak 47 anak tidak pernah terpapar obat-obatan jenis ini. Kemudian anak-anak ini diperiksa untuk autisme pada umur 1, 3, dan 6 tahun.

Anak-anak yang ibunya mengkonsumsi valproat saja untuk mengobati epilepsi ternyata memiliki peluang sebesar 7 kali lebih besar untuk terkena autisme bila dibandingkan dengan anak-anak yang ibunya tidak menderita epilepsi dan tidak mengkonsumsi obat-obatan selama masa kehamilan. Sebagai tambahan informasi, tidak ada riwayat autisme pada keluarga anak-anak ini.

Akan tetapi penelitian tersebut masih dalam tahap pendahuluan (awal), sehingga wanita hamil yang sedang mengkonsumsi valproat untuk mengatasi epilepsi diharapkan untuk tidak menghentikan pengobatannya tersebut.