A A A

Obat Antidepresan Meredakan Perasaan Cemas

Penelitian tahap awal menunjukkan bahwa penggunaan obat Lexapro, yang mengandung zat aktif escitalopram, memberikan banyak keuntungan pada penanganan gejala Generalized Anxiety Disorder (GAD), sejenis perasaan cemas, pada pasien berumur lanjut.

Para peneliti, yang dipimpin oleh Dr. Eric J Lenze, seorang guru besar ilmu kejiwaan pada Washington University School of Medicine di St Louis, mengevaluasi sebanyak 177 orang berumur di atas 60 tahun ke atas yang didiagnosis menderita gejala GAD. Mereka diminta untuk mengkonsumsi Lexapro atau plasebo selama 12 minggu.

Hasilnya menunjukkan bahwa sebanyak 69% peserta penelitian yang mengkonsumsi Lexapro mengalami penurunan tingkat kecemasannya, sedangkan jumlah peserta penelitian yang mengkonsumsi plasebo hanya 51% yang mengalami hal serupa.

Ditemukan pula bahwa obat ini juga memberikan manfaat bagi penderita tekanan darah tinggi, di mana Lexapro mampu menurunkan tekanan darah. Keuntungan lainnya adalah efek samping yang relatif ringan, yakni rasa lelah, gangguan tidur, dan gangguan kencing.

GAD adalah salah satu jenis kelainan kejiwaan yang umum terjadi pada orang berusia lanjut, ditandai dengan ketidakmampuan kronis orang tersebut untuk menahan rasa cemas dan khawatir. Masalah ini dialami oleh 7,3% orang yang berusia lanjut. Seringkali gejala ini tidak terdeteksi, dan pasien diberi obat penenang yang terbukti berbahaya bila digunakan dalam waktu lama.