A A A

Obat Anti Obesitas Dilarang Beredar di Eropa

Pihak berwenang di Uni Eropa, mulai hari Kamis kemarin, menghentikan penjualan obat anti obesitas bermerk "Acomplia" yang diproduksi oleh perusahaan farmasi Sanofi-Aventis.

"Risiko mengkonsumsi Acomplia lebih besar bila dibandingkan dengan manfaatnya bagi pasien", kata juru bicara tersebut mengutip pernyataan EMEA.

Uni Eropa telah menyetujui Acomplia untuk dijual di wilayah Eropa sejak tahun 2006 lalu, namun obat ini tidak pernah mendapat persetujuan untuk dijual di Amerika Serikat oleh pihak berwenang di sana karena Acomplia dipercaya dapat memicu pikiran untuk melakukan bunuh diri, bahkan untuk pasien yang tidak memiliki riwayat depresi mental.

Namun pihak Sanofi-Aventis tidak menarik Acomplia yang dijual di 14 negara non Uni Eropa, untuk itu Sanofi-Aventis menyarankan para pasien di negara-negara tersebut agar berkonsultasi dahulu dengan dokter atau apoteker sebelum memutuskan untuk menggunakan obat ini.

 

"Semua penjualan obat ini sudah dihentikan di apotek-apotek pada 18 negara Uni Eropa", kata seorang juru bicara dari pihak Sanofi-Aventis.

Sanofi-Aventis mengatakan bahwa European Medicines Agency (EMEA) telah memberi peringatan bahwa pasien yang mengkonsumsi Acomplia berisiko dua kali lipat terkena berbagai masalah yang berkaitan dengan kejiwaan