A A A

Minyak Zaitun Menangkal Kanker Payudara

Javier A. Menendez, PhD, dari Catalan Institute of Oncology di Girona, Spanyol, menemukan bahwa sekitar 20-30% kanker payudara mampu dilawan oleh EVOO (extra virgin olive oil) atau minyak zaitun.

Menendez dan rekan-rekannya mengisolasi berbagai senyawa kimia yang terkandung dalam minyak zaitun. Mereka menemukan bahwa terdapat 2 jenis senyawa, yakni secoiridoids dan lignan yang aktif terhadap molekul HER2 pada sel kanker, namun tidak aktif terhadap sel normal (tidak memiliki HER2).

Mereka juga menemukan bahwa asupan EVOO dalam jumlah tinggi yang diberikan kepada tikus yang diinduksi kanker mampu menjinakkan kanker tersebut. Namun hal ini tidak lantas berarti bahwa mengkonsumsi EVOO dalam jumlah besar dapat melawan kanker, karena bila dikonsumsi terlalu banyak pun tidak baik untuk kesehatan.

Senyawa secoiridoids yang terdapat dalam EVOO nampaknya tidak efektif bila diberikan per oral, karena segera dipecah menjadi senyawa tidak aktif, namun senyawa ini berpotensi menjadi titik awal bagi perkembangan obat kanker baru. Senyawa lainnya, yakni lignan, bekerja langsung secara lokal pada sel-sel kanker payudara.