A A A

Minyak Ikan Melawan Kanker Prostat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh John S Witte Ph.D dan rekan di Universitas California menyimpulkan bahwa pola makan yang kaya akan ikan berminyak seperti sarden, mackerel, dan salmon dapat melindungi para pria dari kanker prostat lanjut.

Pada penelitian ini, Profesor Witte dan rekan membandingkan pola makan dari 466 pria yang didiagnosis menderita kanker prostat agresif dan sebanyak 378 pria yang tidak menderita kanker.

Mereka menemukan bahwa pria yang rajin mengkonsumsi ikan berminyak (sebanyak satu hingga tiga kali tiap bulannya) memiliki risiko sebanyak 36% lebih kecil untuk berkembangnya kanker prostat bila dibandingkan dengan pria yang tidak mengkonsumsi ikan. Pria yang mengkonsumsi ikan lebih rutin, yakni seminggu sekali, memiliki peluang 57% lebih kecil untuk berkembangnya kanker prostat.

Pria yang memiliki gen COX-2 yang diturunkan berpeluang lima kali lebih besar untuk terkena kanker prostat, akan tetapi para peneliti menemukan bahwa asupan asam lemak yang tinggi mampu mencegah hal tersebut.

Ikan-ikan berminyak, seperti salmon, sarden, herring, dan tuna kaya akan kandungan asam-asam lemak omega-3, yang juga dikenal sebagai PUFA (polyunsaturated fatty acid). Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa suplemen asam lemak omega-3 dapat mengurangi penyakit kardiovaskular dan serangan jantung fatal serta memperlambat aterosklerosis.

Mengingat betapa pentingnya minyak ikan, American Heart Association menyarankan agar mengkonsumsi ikan sekurang-kurangnya dua kali seminggu. Setiap tahunnya diperkirakan setengah juta kasus baru kanker prostat didiagnosis. Kanker prostat adalah penyebab kematian nomor dua akibat kanker di Amerika Serikat.