A A A

Minuman Beralkohol Menyebabkan Kanker

Wanita yang meminum sedikitnya satu minuman beralkohol sehari, entah itu bir, anggur, atau liquor, memiliki risiko terserang kanker bila dibandingkan dengan wanita yang tidak minum minuman beralkohol sama sekali. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilangsungkan di Inggris.

Para peneliti tersebut meneliti sekitar 1,2 juta wanita paruh baya di Inggris selama 7 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa minuman beralkohol menyumbang 13% peluang terserang kanker pada wanita-wanita ini.

Kaitan antara minuman beralkohol dan kanker, khususnya kanker payudara, sedang diteliti secara luas, namun penelitian ini adalah termasuk di antara penelitian pertama yang mengkaitkan antara konsumsi alkohol dalam jumlah ringan hingga sedang dengan risiko kanker lainnya (hati, mulut, tenggorokan, dll) pada wanita.

"Tidak ada tingkat minimal dalam mengkonsumsi alkohol yang tanpa risiko", kata Naomi Allen DPhil, dari Universitas Oxford, yang juga merupakan salah satu peneliti tersebut.

Allen juga mengatakan bahwa penemuan tersebut tidak dapat meramalkan kemungkinan terkena kanker pada pria, karena pria tidak dilibatkan dalam penelitian ini. Kebanyakan penelitian terhadap alkohol dan kanker pada pria terbatas hanya untuk para pemabuk berat, namun Allen berkata bahwa nampaknya konsumsi alkohol yang rendah hingga sedang mampu meningkatkan risiko kanker pada pria, seperti halnya pada wanita.