A A A

Meningkat, Asupan Harian Vitamin D Untuk Anak

Asupan harian vitamin D untuk bayi, anak-anak, dan remaja disarankan untuk ditingkatkan dari 200 IU menjadi 400 IU. Hal ini disampaikan oleh The American Academy of Pediatrics (AAP) pada pertemuannya di Boston minggu ini.

Dianjurkan pula untuk menggunakan suplemen makanan untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin D. "Suplemen makanan ini menjadi sangat penting karena sebagian besar anak-anak kurang mendapatkan asupan vitamin D yang memadai hanya dari makanan harian mereka", kata Dr. Frank Greer, ketua komite nutrisi AAP.

Saran untuk meningkatkan asupan harian vitamin D ini dimaksudkan untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan tulang pada anak-anak, seperti penyakit pelunakan tulang (rickets). Selain itu, asupan harian vitamin D yang cukup akan membantu mencegah osteoporosis di kemudian hari.

Penelitian pada orang dewasa menunjukkan bahwa vitamin D memiliki peran yang penting dalam mencegah infeksi, reaksi autoimun, kanker, dan diabetes.

Untuk bayi yang diberi minum ASI, sebaiknya juga diberi suplemen vitamin D karena sebagian besar wanita kurang mendapat asupan vitamin D sehingga ASI yang dihasilkan dikhawatirkan tidak mengandung vitamin D yang cukup bagi bayi tersebut.