A A A

Melawan Demam Berdarah dengan Bakteri

Para ilmuwan di Universitas Queensland, Australia hari Jumat kemarin menyatakan bahwa mereka telah menemukan cara mengendalikan demam berdarah secara aman dan ekonomis. Mereka memanfaatkan sejenis bakteri dari genus Wolbachia, yang dapat mengurangi waktu hidup nyamuk Aedes aegypti menjadi sekitar 15 hari saja.

Diketahui bahwa wabah demam berdarah hanya dapat ditularkan oleh nyamuk betina Aedes aegypti yang telah cukup tua, sehingga dengan memperpendek masa hidup nyamuk maka diharapkan tidak terjadi penyebaran wabah ini lagi.

Profesor O'Neil yang merupakan salah satu ilmuwan yang mengadakan penelitian tersebut mengatakan bahwa tahap selanjutnya dari percobaan ini adalah memindahkannya ke kondisi yang lebih nyata daripada di laboratorium. "Jika tahap tersebut berhasil, kami akan menyebarkan metode ini ke wilayah lain di Australia, juga Thailand serta Vietnam", tambah Profesor O'Neil.

Penelitian ini dibiayai oleh Bill Gates, seorang milyuner Amerika Serikat, dan dicantumkan di dalam jurnal Science terbitan 2 Januari lalu.