A A A

Kurangi Garam, Jantung akan Lebih Sehat

"Sedikit pengurangan jumlah garam, yang sukar untuk dideteksi pada rasa makanan, akan menyebabkan manfaat bagi kesehatan", kata Kirsten Bibbin-Domingo, MD, PhD, seorang asisten profesor bidang kedokteran dan epidemiologi di Universitas California.

Dia termasuk dalam tim peneliti yang melakukan penelitian yang menghubungkan antara konsumsi garam dengan hipertensi yang merupakan salah satu faktor penyakit jantung. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pengurangan jumlah konsumsi garam oleh seluruh penduduk Amerika Serikat sebesar 3 gram per hari  akan mengurangi sebanyak 6% kasus baru penyakit jantung dan 3% kematian. Khusus bagi warga Amerika keturunan Afrika, langkah ini akan mengurangi sebanyak 10% kasus baru penyakit jantung dan 6% kematian.

Berdasarkan data, rata-rata konsumsi garam penduduk Amerika Serikat adalah sebesar 9-12 gram per hari, atau setara dengan 3600-4800 mg natrium. Beberapa organisasi kesehatan menyarankan konsumsi garam hanya 5-6 gram per hari, atau sekitar 2000-2400 mg natrium.

Konsumsi garam mengalami peningkatan sebesar 50% sejak tahun 1970an. Diketahui bahwa industri makanan memiliki pengaruh yang besar terhadap hal ini. Oleh karena itu, para ilmuwan menyeru industri makanan untuk dapat mengurangi jumlah garam yang digunakannya.