A A A

Kode Genetik Virus Influenza Dipetakan

Penelitian ini juga telah berhasil menemukan untuk pertama kalinya bahwa strain-strain virus yang berbeda dapat mengalami perubahan gen yang dapat menghasilkan strain virus yang baru. Hal ini mengisyaratkan bahwa tidak akan pernah ada vaksin yang efektif melawan flu.

Belum pernah ada upaya yang berhasil dalam membuat obat-obatan yang efektif untuk memerangi virus infuenza ini, yang diakibatkan oleh kurang lengkapnya informasi tentang komposisi genetik dari semua strain virus influenza tersebut.

"Mungkin beberapa obat antivirus dapat dikembangkan, untuk mentarget wilayah-wilayah genetik tertentu pada beberapa strain virus. Nantinya pemilihan obat mana yang akan diberikan kepada pasien harus mempertimbangkan sifat-sifat genetik virus yang menyerang tersebut", kata Dr. Stephen Ligget, dari Universitas Maryland.

 

Belum ada penyembuhan yang efektif untuk melawan virus ini, sehingga jutaan orang harus terjangkit flu setiap tahunnya. Di dalam penelitian yang diterbitkan pada jurnal Science ini, para ilmuwan berhasil menemukan bagaimana virus berubah-ubah, dan mengidentifikasikan kelemahan virus yang dapat menjadi target bagi obat-obatan baru.