A A A

Kafein Membunuh Sel Kanker Kulit

Kanker kulit nonmelanoma tidak mengalami metastasis atau mengakibatkan kematian dengan cepat, dan merupakan jenis kanker kulit yang paling lazim. Sedangkan kanker kulit melanoma adalah jenis kanker kulit yang dapat menyebabkan kematian.

Kanker kulit nonmelanoma biasanya disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet, karena sinarnya dapat menyebabkan sel-sel kulit bermutasi.

Penelitian ini bukanlah penelitian pertama yang menunjukkan bahwa orang yang meminum kopi atau teh secara rutin memiliki risiko lebih rendah untuk terkena kanker kulit jenis nonmelanoma.

Ada penelitian lain yang menunjukkan bahwa konsumsi secangkir kopi dapat menurunkan risiko terkena kanker kulit sebesar 5% pada 90.000 wanita ras Kaukasian yang menjadi obyek penelitian tersebut. Namun kopi/teh yang dihilangkan kadar kafeinnya (decaffeinated) tidak menunjukkan khasiat ini.

 

Hal ini disebabkan kandungan kafein yang terdapat pada kopi mampu membunuh sel-sel yang rusak akibat sinar ultraviolet, yang merupakan penyebab utama dari beberapa jenis kanker kulit.