A A A

Jangan Gunakan Zat Bius Lokal Sembarangan

Lembaga pengawas keamanan obat dan pangan di Amerika Serikat, The Food and Drug Administration (FDA), pada hari Jumat lalu mengeluarkan sebuah peringatan tentang efek samping yang serius dan berpotensi mematikan akibat penggunaan bius lokal kulit yang tidak mengikuti aturan.

Zat bius lokal ini digunakan pada kulit untuk menghilangkan kepekaan ujung syaraf sehingga mengakibatkan kulit menjadi mati rasa. Zat ini, yang disebut juga sebagai anestetik lokal, meliputi lidokain, tetrakain, benzokain, dan prilokain, tersedia secara luas dalam bentuk krim, salep, atau gel.

Ketika obat ini dioleskan pada permukaan kulit, maka zat aktifnya akan diserap dan masuk ke aliran darah, dan apabila digunakan sembarangan dapat menyebabkan efek samping yang mengancam jiwa, seperti denyut jantung yang tidak teratur, serangan jantung, kesulitan bernafas, koma, dan bahkan kematian. Terkait dengan ini, FDA telah menerima laporan tentang kematian dua orang wanita yang menggunakan produk obat ini.

Untuk menghindari atau meminimalkan potensi efek samping berbahaya tersebut, maka FDA menghimbau konsumen pemakai zat bius lokal untuk melakukan hal berikut ini:

1. Jangan mengoleskan produk bius lokal terlalu banyak pada area kulit yang luas.

2. Jangan gunakan formula yang lebih kuat atau lebih pekat dari pada formula yang diperlukan.

3. Jangan oleskan produk ini pada kulit yang luka atau teriritasi.

4. Jangan membungkus kulit yang telah diolesi produk ini dengan apa pun.

5. Jangan menggunakan panas pada kulit yang telah diolesi produk ini