A A A

Jamur, Teh Hijau Mencegah Kanker Payudara

Penelitian yang dicantumkan di International Journal of Cancer ini juga menunjukkan bahwa wanita yang selain mengkonsumsi jamur, juga mengkonsumsi teh hijau setiap hari, memiliki peluang terkena kanker payudara sebesar 11-18% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi keduanya.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Min Zhang dari University of Western Australia ini merupakan penelitian pertama yang mengkaitkan antara konsumsi jamur dan teh hijau dengan pengurangan risiko terkena kanker payudara.

 

Penelitian ini dilaksanakan di daerah China bagian tenggara, melibatkan lebih dari 2000 peserta penelitian yang didata pola makannya.

Para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi jamur segar sebanyak 10 gram atau lebih setiap harinya, memiliki peluang dua per tiga kali lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi jamur. Lebih lanjut, ditemukan pula bahwa mereka yang memakan 4 gram atau lebih jamur kering per hari memiliki risiko setengah kali lebih rendah bila dibandingkan mereka yang tidak makan jamur.