A A A

Insulin Mampu Mengatasi Penyakit Alzheimer

Para ilmuwan meneliti sampel sel syaraf yang diambil dari hipocampus, yakni bagian otak yang berperan penting dalam memori. Mereka memberi asupan insulin dan juga rosiglitazone (obat peningkat sensitifitas insulin, yang juga digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2) pada sel syaraf tersebut.

Ternyata ditemukan bahwa insulin menghambat kerusakan sel-sel syaraf yang ditimbulkan oleh ADDLs (protein beracun yang terbentuk pada penderita penyakit Alzheimer), dengan cara mencegah ADDLs untuk berikatan dengan sel-sel syaraf. Ditemukan pula bahwa kadar insulin yang rendah sekali pun dapat diperkuat dengan kehadiran rosiglitazone.

ADDLs, kependekan dari amyloid beta-derived diffusible ligands, menyerang sinaps pembentuk memori. Setelah berikatan dengan ADDLs, sinaps kehilangan kemampuannya untuk bereaksi terhadap informasi yang masuk, sehingga menyebabkan kehilangan memori (ingatan).

 

Efek perlindungan ini menyebabkan perlambatan atau pencegahan terhadap kerusakan dan kehilangan memori yang biasanya terjadi pada penderita penyakit Alzheimer. Hasil temuan ini dimuat dalam Proceedings of the National Academy of Sciences tanggal 2 Februari.