A A A

Gula Darah Tinggi, Daya Ingat Turun

Menjaga kadar gula darah normal selain bermanfaat untuk melindungi diri dari diabetes, juga berguna untuk membantu mencegah penurunan daya ingat (memori) yang berkaitan dengan penambahan usia.

Para ilmuwan dari Columbia University Medical Center, yang dipimpin ole

Dengan menggunakan gambaran otak beresolusi tinggi, para ilmuwan menemukan bahwa kenaikan kadar gula darah adalah satu-satunya faktor yang berhubungan dengan penurunan aktivitas dentate gyrus.

Oleh karena kadar gula darah cenderung naik sebanding dengan penambahan usia, maka penemuan tersebut mengisyaratkan bahwa pengawasan dan langkah penurunan kadar gula darah ketika seseorang beranjak tua merupakan strategi penting dalam mencegah penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. "Hal ini bermanfaat untuk semua orang, tidak hanya penderita diabetes saja", kata Small.

Penelitian ini dibiayai oleh National Institute of Aging, the American Diabetes Association, dan Yayasan Riset Otak McKnight, serta dicantumkan dalam jurnal Annals of Neurology terbitan Desember ini.

h Scott Small, MD, memfokuskan penelitiannya pada suatu bagian otak, yakni hippocampus, yang berkaitan erat dengan kemampuan belajar dan daya ingat. Ada suatu bagian lagi pada hippocampus yang dinamakan dentate gyrus, yang dipengaruhi oleh berbagai perubahan yang dipengaruhi oleh penuaan, yakni peningkatan kadar kolesterol, berat badan, dan gula darah.