A A A

Gula dan Kokain, Sama-Sama Membuat Ketagihan

Gula ternyata dapat mengakibatkan ketagihan seperti halnya kokain atau heroin. Para peneliti di Universitas Princeton telah mengadakan penelitian terhadap tikus di laboratorium untuk menemukan fakta ini.

Mereka menemukan bahwa tikus yang diberi asupan gula dalam jumlah besar menunjukkan perubahan-perubahan pada otak tikus tersebut. Perubahan pada otak ini serupa dengan perubahan yang terjadi ketika seseorang kecanduan kokain atau heroin.

Penelitian ini mengisyaratkan bahwa hal serupa dapat pula terjadi pada manusia. Kecanduan ini sukar dikendalikan, sehingga menyebabkan orang tidak dapat menahan diri untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, walaupun mereka tahu efek negatifnya. Dengan makan makanan yang mengandung gula tersebut, orang-orang ini akan mendapatkan kepuasan serupa dengan kepuasan yang dicapai ketika mengkonsumsi kokain atau heroin.

Sama seperti kecanduan kokain, gejala penarikan (withdrawal symptoms) juga terjadi ketika orang tersebut dihalangi dari makan makanan yang mengandung gula. Gejala ini terlihat jelas pada tikus percobaan yang dihalangi dari gula, mereka menunjukkan tanda-tanda gelisah, depresi, dan penurunan kadar dopamin.