A A A

Ginkgo Biloba Tidak Manjur Terhadap Alzheimer

Setelah kurun waktu 6 tahun, ternyata sebanyak 523 peserta penelitian didiagnosis menderita dementia (kelainan mental kronis yang ditandai dengan gangguan daya ingat dan perubahan perilaku). Dari jumlah tersebut, sebanyak 246 orang (16%) berasal dari kelompok yang mengkonsumsi plasebo dan 277 orang (18%) sisanya berasal dari kelompok yang mengkonsumsi ginkgo biloba.

Tingkat kejadian penyakit Alzheimer tidak menunjukkan perbedaan secara nyata diantara kedua kelompok tersebut. Sebanyak 3,3 kasus Alzheimer terjadi setiap 100 orang yang mengkonsumsi ginkgo biloba setiap tahunnya. Pada kelompok yang mengkonsumsi plasebo, tingkat kejadian penyakit Alzheimer hanya 2,9 kasus setiap 100 orang.

Menanggapi hasil penelitian tersebut, Mark Blumenthal, seorang pendiri dan sekaligus direktur eksekutif American Botanical Council, menyatakan bahwa masih diperlukan penelitian lain untuk mendukung pendapat bahwa ginkgo biloba tidak manjur terhadap Alzheimer atau penyakit lainnya.

 

Dalam penelitian ini, DeKosky melibatkan sebanyak 3.069 orang yang berusia 75 tahun atau lebih. Setengah dari peserta penelitian tersebut diminta untuk mengkonsumsi 120 mg ginkgo biloba dua kali sehari, dan setengah peserta sisanya hanya diberi plasebo.