A A A

Fenofibrat Mengurangi Risiko Amputasi Diabetes

"Pengobatan dengan fenofibrat dikaitkan dengan risiko terjadinya amputasi yang lebih rendah, terutama amputasi minor (di bawah pergelangan kaki)", kata tim peneliti, yang dipimpin oleh Anthony Keech dan Kushwin Rajamani dari National Health and Medical Research Council Clinical Trial Centre di Universitas Sydney, Australia.

"Penemuan ini akan mengarah kepada sebuah pengubahan perawatan standar guna pencegahan amputasi anggota gerak bagian bawah yang terkait diabetes", tambah tim peneliti.

Amputasi akibat diabetes terjadi setiap 30 detik di seluruh dunia. Kadar gula yang tinggi dalam darah dapat merusak sel-sel syaraf dan pembuluh-pembuluh darah di kaki yang dapat mengakibatkan gangren. Kerusakan yang parah dapat menyebabkan amputasi jempol bahkan kaki.

 

Penelitian ini memakan waktu 5 tahun, dan melibatkan 9.795 penderita diabetes, 4.895 orang diberi fenofibrat dan sisanya diberi plasebo. Pada akhir masa penelitian, didapati bahwa sebanyak 115 penderita diabetes mengalami amputasi anggota gerak bagian bawah. Risiko terjadinya amputasi ini 36% lebih rendah terjadi pada penderita diabetes yang diberi fenofibrat dibandingkan dengan penderita diabetes yang diberi plasebo.