A A A

Fakta Terbaru Tentang Obesitas

Orang yang mengidap obesitas (kegemukan) ternyata memiliki respon "puas" yang lebih lambat terhadap makanan. Fakta yang menarik tersebut dilaporkan dalam jurnal Science minggu ini.

Dalam suatu penelitian yang melibatkan wanita dan remaja putri, para ilmuwan menguji respon otak terhadap minuman milkshake rasa coklat. Mereka menemukan bahwa bagian otak yang berperan melepaskan dopamin, suatu senyawa kimia pemberi rasa "puas", menjadi kurang aktif pada orang yang mengidap obesitas. Hal ini secara nyata teramati pada wanita yang memang sejak lahir telah memiliki gen yang menghambat produksi dopamin sekitar 30-40%

"Ini adalah penelitian yang menarik", kata Dr. David Lau, ketua kelompok penelitian diabetes dan endokrin pada Universitas Calgary dan President of Obesity di Canada. "Para ilmuwan telah menemukan bahwa pengidap obesitas memiliki respon yang lambat terhadap rasa "puas", akibatnya mereka harus makan lebih banyak lagi untuk memperoleh rasa "puas" itu".

Para ilmuwan yang mengadakan penelitian tersebut menyatakan bahwa respon dopamin dapat diperbaiki dengan terapi obat tertentu atau dengan terapi kebiasaan.

Eric Stice, ketua ilmuwan peneliti, menyatakan perlunya menghindari makanan tinggi lemak sebagai salah satu bagian dari terapi obesitas.